Sabtu, 16 Maret 2013

Latar belakang kegiatan


BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Kegiatan
Globalisasi dan Modernisasi adalah dualisasi pemahaman yang semakin hari semakin mendegradasi kualitas spiritual umat Islam dewasa ini. Globalisasi dan Modernisasi dengan segala polarisasinya mampu merubah tatanan sosial, budaya dan moralitas suatu bangsa. Salah satu ciri dari dualisme tersebut adalah bebasnya sirkulasi produk-produk luar negeri (Barat) baik produk secara materil maupun paradigma-paradigma yang bernuansa moderen (imateril) yang dapat menimbulkan ekses positif disatu sisi dan ekses negatif disisi lain. Pengaruh positif dari globalisasi dan modernisasi adalah cepatnya arus informasi dari suatu dimensi ke dimensi lainnya. Cepatnya akses informasi tersebut justru menimbulkan polemik baru, tidak adanya filterisasi dari informasi menimbulkan komunikan dengan keterbatasan knowledgenya akan mempengaruhi perspektif, paradigma dan pandangan terlebih informasi yang disuguhkan merupakan informasi yang buruk yang dapat mendorong manusia ke arah amoralitas, tidak berbudi pekerti, hedonis dan tidak memiliki nilai-nilai
keislaman.

Globalisasi dan modernsasi secara tidak kita sadari dapat mengaburkan nilai-nilai keislaman yang berada didalam dimensi kehidupan umat Islam, karena arus dualisasi ini yang begitu deras dan intens membawa segala piranti-piranti pemikiran, produk-produk yang menjauhkan umat Islam kepada skriptual yaitu Al-Qur’an dan Al-hadist.  Realita yang terjadi memperlihatkan kepada kita, bahwa generasi-genarasi penerus tonggak sejarah peradaban Islam, pemuda-pemuda penerus risalah Islam justru terlena dengan buaian globalisasi dan modernisasi. Internet, media elektronik dan segala pirantinya sebagai wasilah pengiriman arus globalisasi dan modernisasi sudah semakin menggeliat menanamkan isme doktrinal dalam upaya menabur benih-benih kemudharatan dari sisi negatif globalisasi dan modernisasi.
Dan ikutilahapa yang diwahyukanTuhanmukepadamu. Sungguh Allah Mahatelititerhadapapa yang kamukerjakan. Dan bertawakallahkepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagaipemelihara. (Q.S Al-Ahzab:2-3)
Dari ayat tersebut, kita dapat mentadaburinya bahwa umat Islam harus senantiasa kembali kepada pedoman yang telah diwahyukan oleh Allah SWT dan Al-hadist yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW, agar dalam perjalanan kita mengarungi samudera kehidupan dengan tantangan derasnya ombak globalisasi dan modernisasi dapat terus mengaktualisasikan nilai-nilai keislaman. karenaIslam sebagai dien yang benar di sisi Allah swt. Adalah manhaj Kehidupan  yang mengatur segala pranata hidup dengan landasan Al-Quran dan Sunah Nabi. Manusia sebagai salah satu makhluk-Nya yang ditugaskan untuk menjadi Khalifatu fil Ardh senantiasa menjaga eksistensi peradabannya di bumi ini. Bertolak dari amanah itu, selayaknya manusia menunaikannya sebagai bentuk pengabdian kepada Allah swt. Agar peradabannya tegak sempurna dan sesuai dengan dustur Ilahi.
Berangkat dari persoalan di atas, maka timbulah gagasan dari segenap kader LDK KARISMA UNSERA, untuk menggelar GEBYAR LDK KARISMA 2013 dengan tema “Aktualisasi nilai-nilai Islam di era globalisasi”. Dengan  harapan dapatmembukacakrawalapengetahuanuntukmenjalanikehidupandengannilai-nilai Islam ditengah-tengaharusglobalisasidanmodernisasi.
1.2 TujuanKegiatan
Ø  Mempererat tali silaturahmi dan mengembangkan kreasi pemuda
Ø  Menguatkan mentalitas dan moralitas  pemuda
Ø  Mempasilitasi pemberdayaan  generasi muda
Ø  Sebagai bentuk sumbangsih dalam mencerdaskan pemuda harapan Bangsa

1.3 Manfaat Kegiatan
Adapun manfaat dari kegiatan ini adalah terwujudnya ukhuwah islamiyah dan mampu membentuk pemuda-pemuda Islam yang kuat mentalitas dan moralitas sehingga mampu menjalani kehidupan dengan nilai-nilai Islam yang holistik.
1.4 Deskripsi Kegiatan
Kegiataninimerupakanserangkaiandari Program Kerja LDK KARISMA, GEBYAR LDK UNSERA 2013 iniakan disertai denganbeberapa rangkaian kegiatan, diantaranya:
1. Tabligh Akbar
2. Perlombaan.
    Agenda ini sebagai suatu sarana dalam pengembangan potensi pemuda dan membangun minat serta perhatian pemuda terhadap wacana yang berkembang, adapun perlombaannya antara lain :
-Lomba Esai  : -  Tingkat SMA/Sederajat se-ProvinsiBanten
 -  Tingkat MahsiswadanUmum
- LombaMTQ : -  Tingkat SMA/Sederajat se-ProvinsiBanten
 -  Tingkat Mahsiswa UNSERA
-  Lomba Marawis Tingkat SLTA se-ProvinsiBanten
- Lomba Pop Group Religi Tingkat SLTA se-ProvinsiBanten

0 komentar:

Poskan Komentar

Profil

Serang, Banten, Indonesia
Mewarnai kamus unsera dengan nuansa islami dan berkarakter, profesional serta amanah dalam menyampaikan misi dakwah dan syiar ilamiah

Total Tayangan Laman

PERJUANGAN

PERJUANGAN